Search This Blog

Wednesday, April 20, 2011

KESEDERHANAAN TRAPESIUM

Perhatikan sepasang garis sejajar di bawah ini!
Tahukah kamu, berawal dari sepasang garis sejajar ini akan terbentuk sebuah bangun datar bila kita tambahkan dua buah sisi yang menghubungkan kedua garis tersebut. Yakni bangun datar Trapesium. Inilah dia!
Trapesium seperti ini merupakan trapesium sembarang. Hanya memiliki sebuah sifat, yaitu bangun datar segiempat yang mempunyai sepasang sisi sejajar. Sederhana sekali kan?

Trapesium ini akan sama kaki jika ditambahkan sebuah sifat yaitu mempunyai sepasang sisi sama panjang. Perhatikan gambar berikut.
Jika dibuat sebuah garis yang tegak lurus salah satu sisi sejajar maka akan membentuk dua buah sudut siku-siku dalam trapesium. Trapesium yang demikian dinamakan trapesium siku-siku.

Ayo temukan lagi hal menarik dari bangun yang satu ini!

Jika kita punyai sepasang sisi sejajar yang sama panjang dan kita letakkan posisi keduanya sebagai berikut.
Kedua pasang garis sejajar tersebut (I dan II) masing-masing ditambahkan dua garis sehingga membentuk bangun segiempat seperti berikut.
Wow! Fantastis bukan? Bangun apakah yang terbentuk? Kedua bangun di atas tidak asing bukan? Betul! Jajargenjang dan persegi panjang. Subhanallah! Dari sepasang garis sejajar, terbentuk bangun trapesium yang sangat sederhana. Dan dibalik kesederhanaannya itu, memunculkan bangun-bangun datar lain yang sangat dikenal bahkan lebih terkenal dari dirinya.

Jajagenjang dan persegi panjang, keduanya merupakan trapesium. Karena memiliki sebuah sifat yang dimiliki trapesium, yaitu sepasang sisi sejajar. Tapi tidak berlaku sebaliknya. Trapesium bukan jajargenjang dan trapesium juga bukan persegi panjang.

Mau tahu trapesium-trapesium yang lain? Tunggu saja! Oke?

No comments: